daku

UcOk_CibuRLNunG_Anak_Na_Burju

Kamis, 16 Februari 2012

Contoh Program Algoritma Penjadwalan FCFS Dengan Menggunakan Bahasa Visual Basic

sebetulnya ini adalah tugas saya di dalam mata kuliah Sistem Operasi, saya berfikir dari pada saya simpan2,, mending saya share aja,mana tau ada yang butuh dengan program ini.dan mana tau berguna bagi sobat2 sekalian sebagai pembelajaran tentang bahasa pemograman Visual Basic.Net.

sekilas tentang Algoritma FCFS,

Proses yang pertama kali datang untuk menggunakan CPU akan dilayani terlebih dahulu. Pada skema ini, proses yang meminta CPU pertama kali akan dialokasikan ke CPU pertama kali.

Proses yang pertama kali meminta jatah waktu untuk menggunakan CPU akan dilayani terlebih dahulu. Pada skema ini, proses yang meminta CPU pertama kali akan dialokasikan ke CPU pertama kali. Misalnya terdapat tiga proses yang dapat dengan urutan P1, P2, dan P3 dengan
waktu CPU-burst dalam milidetik yang diberikan sebagai berikut :
Process    Burst Time
P1 24
P2 3
P3 3
Gant Chart dengan penjadwalan FCFS adalah sebagai berikut :

Waktu tunggu untuk P1 adalah 0, P2 adalah 24 dan P3 adalah 27 sehingga rata-rata waktu tunggu adalah (0 + 24 + 27)/3 = 17 milidetik. Sedangkan apabila proses datang dengan urutan P2, P3, dan P1, hasil penjadwalan CPU dapat dilihat pada gant chart berikut :

Waktu tunggu sekarang untuk P1 adalah 6, P2 adalah 0 dan P3 adalah 3 sehingga ratarata waktu tunggu adalah (6 + 0 + 3)/3 = 3 milidetik. Rata-rata waktu tunggu kasus ini jauh lebih baik dibandingkan dengan kasus sebelumnya. Pada penjadwalan CPU dimungkinkan terjadi Convoy effect apabila proses yang pendek berada pada proses yang panjang. Algoritma FCFS termasuk non-preemptive. karena, sekali CPU dialokasikan pada suatu proses, maka proses tersebut tetap akan memakai CPU sampai proses tersebut melepaskannya, yaitu jika proses tersebut berhenti atau meminta I/O.


Untuk mendownload program FCFS dengan menggunakan bahasa pemograman Pascal,,
silahkan anda download Disini.....

Password rar : ucok_siburnung

Semoga bermanfaat...........

Tidak ada komentar: